Inilah Sejarah Awal Mula Islam Masuk ke Indonesia

Melacak sejarah masuknya Islam ke Indonesia bukanlah urusan mudah. Tak banyak jejak yang bisa dilacak. Ada beberapa pertanyaan awal yang bisa diajukan untuk menelusuri kedatangan Islam di Indonesia. Beberapa pertanyaan itu adalah, darimana Islam datang? Siapa yang membawanya dan kapan kedatangannya?

Menurut pendapat Prof. Ali Hasjmy dalam makalahnya pada Seminar Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Aceh yang digelar pada tahun 1978. Menurut Ali Hasjmy, kerajaan Islam pertama adalah Kerajaan Perlak.

Selain di Pulau Sumatera, dakwah Islam juga dilakukan dalam waktu yang bersamaan di Pulau Jawa. Prof. Hamka dalam Sejarah Umat Islam mengungkapkan, pada tahun 674 sampai 675 M duta dari orang-orang Ta Shih (Arab) untuk Cina yang tak lain adalah sahabat Rasulullah sendiri Muawiyah bin Abu Sofyan, diam-diam meneruskan perjalanan hingga ke Pulau Jawa. Muawiyah yang juga pendiri Daulat Umayyah ini menyamar sebagai pedagang dan menyelidiki kondisi tanah Jawa kala itu. Ekspedisi ini mendatangi Kerajaan Kalingga (Jepara) dan melakukan pengamatan. Maka, bisa dibilang Islam merambah tanah Jawa pada abad awal perhitungan hijriah.

Berdasarkan hasil seminar Nasional masuknya Islam ke Nusantara yang diadakan tahun  1969 dan tahun 1978, mereka  menyimpulkan bahwa agama Islam masuk ke Nusantara pada abad VII M dan langsung dari tanah Arab. Daerah yang pertama kali disinggahi adalah pesisir Sumatera. Agama Islam disebarkan oleh para saudagar muslim yang juga bertidak sebagai muballigh, dan dilakukan dengan cara damai.

Dari gambaran di atas dapat dikatakan bahwa masuknya Islam ke Indonesia ada beberapa pendapat para ahli sejarah sebagai berikut:  

1.       Islam Masuk ke Indonesia pada Abad ke-7 M

Pada abad 7 M, Islam sudah sampai ke Nusantara. Para Da’i yang datang ke Indonesia berasal dari jazirah Arab yang sudah beradaptasi dengan bangsa India yakni bangsa Gujarat dan ada juga yang telah beradaptasi dengan bangsa Cina, dari berbagai arah yakni dari jalur sutera (jalur perdagangan) da’wah mulai merambah di pesisir-pesisir Nusantara.
Beberapa Pendapat tentang Islam Masuk ke Indonesia pada Abad ke 7:

  • Seminar masuknya Islam di Indonesia (di Aceh), sebagai dasar adalah catatan perjalanan Al Mas’udi, yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera.
  • Dari Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954), diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.
  • Dari Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago, di dalamnya menjelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.
  • Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malay-Indonesian Archipelago (1969), di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malaya-Indonesia pada 672 M.
  • Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.
  • Prof. S. Muhammmad Huseyn Nainar, dalam makalah ceramahnya berjudul Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia, menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.
  • W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources, menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Aarb muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674). (Ta Shih = Arab Muslim).
  • T.W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith, menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M).

2.       Islam Masuk ke Indonesia pada Abad ke-11 M

Satu-satunya sumber ini adalah diketemukannya makam panjang di daerah Leran Manyar, Gresik, yaitu makam Fatimah Binti Maimoon dan rombongannya. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq’ah yang berangka tahun jika dimasehikan sama dengan tahun 1082 M.

3.       Islam Masuk ke Indonesia pada Abad ke-13 M

Di abad 13 M berdirilah kerajaan-kerajaan Islam diberbagai penjuru di Nusantara. Yang merupakan moment kebangkitan kekuatan politik umat khususnya di daerah Jawa ketika kerajaan Majapahit berangsur-angsur turun kewibawaannya karena konflik internal. Hal ini dimanfaatkan oleh Sunan Kalijaga yang membina di wilayah tersebut bersama Raden Fatah yang merupakan keturunan raja-raja Majapahit untuk mendirikan kerajaan Islam pertama di pulau Jawa yaitu kerajaan Demak. Bersamaan dengan itu mulai bermunculan pula kerajaan-kerajaan Islam yang lainnya, walaupun masih bersifat lokal.

Beberapa Pendapat tentang Islam Masuk ke Indonesia pada Abad ke-13 M
  • Catatan perjalanan Marcopolo, menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di Aceh, pada tahun 1292 M.
  • K.F.H. Van Langen, berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M.
  • J.P. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten, menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13.
  • Beberapa sarjana barat seperti R.A Kern; C. Snouck Hurgronje; dan Schrieke, lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13, berdasarkan saudah adanya beberapa kerajaaan Islam di kawasan Indonesia.

Daftar Bacaan
A. Jamil, dkk, Sejarah Kebudayaan Islam, CV. Toha Putra. Semarang
Abdullah, Taufiq dan Sharon Siddque (ed). 1991. Sejarah Ummat Islam Indonesia, Jakarta, Majlis Ulama’ Indonesia.
Azra, Azyumardi. 1989. Perspektif Islam di asia Tenggara, Jakarta, Yayasan Obor Indonesia.
Badri Yatim, 1993. Sejarah Peradaban Islam, Jakarta, LSKIK
Bolland, BJ. 1985.  Pergumulan Islam di Indonesia, Jakarta, Grafiti Press.
Budi Sudrajat, Muhammad Sholeh, 2007,Sejarah Kebudayaan Islam”, Jakarta, Yudhistira
Darsono, T. Ibahim, 2008, Tonggak Sejarah Kebudayaan Islam, Solo, Tiga Serangkai.
DEPAG RI, 2002.Sejarah Kebudayaan Islam, Kelas III,
Hasan , Ibrahim Hasan. 1989, Sejarah dan Kebudayaan Islam, Yogjakarta, Kota Kembang.
Hasyim, A. 1989.  Sejarah Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia, Jakarta, LP3ES.
Ibrahim, Ahmad, dkk. 1989, Islam di Asia Tenggara, Jakarta, LP3ES.
KANWIL KEMENAG JATENG, 2011. Sejarah Kebudayaan Islam, Kelas III, tidak diterbitkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel